Jumat, 24 Februari 2012

Peran dan Etika Bidan Sebagai Advokator, Edukator, Fasilitator, dan Motivator


       I.             
         Bidan Sebagai Advokator

Advokasi merupakan segenap aktifitas pengerahan sumber daya yang ada untuk membela, memajukan, bahkan merubah tatanan untuk mencapai tujuan yang lebih baik sesuai keadaan yang diharapkan. Advokasi dan strategi pemberdayaan wanita dalam mempromosikan hak haknya yang diperlukan untuk mencapai kesehatan yang optimal (kesetaraan dalam memperoleh pelayanan kebidanan).



   II.            Bidan Sebagai Edukator

Bidan dapat memberikan edukasi pada klien tentang kesehatan. Mengkaji kebutuhan pendidikan dan penyuluhan kesehatan, khususnya dalam bidang kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana bersama klien.



III.            Bidan Sebagai Fasilitator

Bidan dapat memfasilitasi seluruh kegiatan kesehatan, khususnya dalam bidang kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana. Sebagai untuk memantau kesehatan ibu hamil dan balita, juga untuk menilai secara berjenjang. Memfasilitasi masyarakat sebagai sumber daya yang bermutu dalam memberikan pelayanan kesehatan.




IV.            Bidan Sebagai Motivator

Bidan dapat memberikan motivasi kepada klien agar klien, agar klien dapat termotivasi dengan penyuluhan yang diberikan oleh bidan.




   V.            Pesan Pesan Penting Untuk Bidan dan Mahasiswa Kebidanan
·         Harus mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh organisasi
·         Setiap Bidan wajib menjaga nama baik dan menjunjung tinggi citra profesi dengan menampilkan kepribadian yang tinggi dan memberikan pelayanan bermutu kepada masyarakat.
·         Setiap bidan wajib senantiasa mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan profesinya sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi.
·         Setiap bidan wajib memelihara kepribadian dan penampilan diri
·         Memiliki rasa peduli yang tinggi dan kasih sayang terhadap pasien.
·         Memiliki sikap yang bersahabat, memiliki rasa positif, murah senyum, dan member sentuhan personal kepada pasien.
·         Mampu memberi pelayanan yang cepat dengan menggunakan fasilitas dan peralatan bersih dan aman.
·         Member pelayanan yang kompeten dan efektif dan memberi saran kepada pasien
·         Mampu menjaga rahasia dari setiap masalah pasien
·         Dapat menyesuaikan diri dalam keadaan apapun dan dimanapun berada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar